Task Manager Di Ubuntu 12.04

Task Manager Di Ubuntu 12.04. Saya baru didunia linux, dan saya sangat tertarik oleh linux ubuntu. Pada hari itu saya nekad meninstall ulang pc kantor saya dari windows dan beralih ke linux ubuntu. Nah kendala saya pada saat itu adalah ketika pemakaian memory komputer penuh, dan kita ingin menghentikan beberapa proses yang berjalan pada sistem operasi apa yang kita lakukan kalau menggunakan linux, ubuntu khususnya?? kalau diwindos dengan cara menekan ctrl + alt + del akan keluar yang namanya task manager, nah kalau dilinux kira-kira apa yah?? Nah langsung saja yuk kita cari tau Task Manager Di Ubuntu 12.04 / linux :

Nah ternyata kalau di linux ubuntu 12.04 itu ada sebuah aplikasi sistem yang mirip dengan task manager yaitu namanya SYSTEM MONITOR, coba masuk ke dash home dan ketikan SYSTEM MONITOR, akan muncul seperti gambar  berikut  :



Ada 4 tab dalam aplikasi ini :
  1. System, berisi tentang Hostname, Hardware dan system status.
  2. Processess, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan di komputer kita. Kalau terjadi hang tinggal di end process. 
  3. Resources, kebutuhan memori dan Network yang bekerja komputer digunakan. 
  4. Filesystem, berisi hardisk/ mounting hardisk yang ada di dalam komputer kita.
roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE

Cara Melihat Spesifikasi Komputer Di Ubuntu

Cara Melihat Spesifikasi Komputer Di Ubuntu. Waktunya berbagi pengalaman lagi nih, hehe. Belum lama ini saya di suruh temen saya untuk ngedata semua spesifikasi server hosting. Nah saya kebagian ngedata semua server yang bebasis linux salah satunya ya ubuntu server. Nah mau tau Cara Melihat Spesifikasi Komputer Di Ubuntu? langsung aja yuk kita mulai  :
  1. Masuk ke terminal kalian atau dengan menekan tombol (ctrl + alt + t).
  2. Setelah masuk ke terminal masukkan perintah berikut  :
    sudo lshw
  3. Setelah itu akan muncul semua keterangan spesifikasi komputer kita di terminal. Karena terlalu banyak untuk menampilkan per page tambahkan perintah beikut | more, jadinya sepertin ini :
    sudo lshw | more (Untuk melanjutkan page berikutnya tekan space)
  4. Nah agak bingung kan ngeliat spesifikasi di teminal? nah untuk itu kita bisa menjadikannya sebagai html page agar lebih userfiendly dengan perintah sebagai berikut :
    sudo lshw -html > keterangan_hardware.html
  5. Setelah itu file html page yang ada buat tadi bisa di temukan di home folder anda, buka dengan web browser yang anda miliki.
 Sekian Cara Melihat Spesifikasi Komputer Di Ubuntu. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.

roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE

Cara Install Ubuntu Tweak di Ubuntu

Cara Install Ubuntu Tweak di Ubuntu. Ubuntu Tweak merupakan sebuah aplikasi konfigurasi yang dirancang guna memudahkan para pengguna newbie alias pemula Ubuntu. Dengan adanya Ubuntu Tweak ini kita dapat melakukan install dan uninstall atau memanage applikasi dengan mudah. Hanya tinggal klik saja pada Tab-tab aplikasi yang ada disini maka akan secara otomatis men-download. Berikut Cara Install Ubuntu Tweak di Ubuntu :
  1. Buka terminal anda dan ketikkan perintah berikut ini :
    sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/ppa
    sudo apt-get update
    sudo apt-get install ubuntu-tweak
  2. Jika berhasil. Coba masukkan ke dashboard dan search Ubuntu Tweak (Iconnya Berwarna Hijau)
Selesai deh  Cara Install Ubuntu Tweak di Ubuntu. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.


roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE

Tampilan Ubuntuku

Tampilan Ubuntuku. Iseng-iseng nih kawan, ngoprek-ngoprek ubuntu gw jadi begini :


Hehe Maaf yah masih cupu nih.

roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE

Rekrutmen Pegawai Golongan II dan III di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2012

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

PENGUMUMAN
NOMOR : PENG- 01/PANREK/VII/2012

TENTANG

REKRUTMEN PEGAWAI GOLONGAN II DAN III
DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN
TAHUN ANGGARAN 2012

     Dalam rangka mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2012, Kementerian Keuangan memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan ditugaskan di lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada posisi jabatan sebagai berikut:
I. UNIT ESELON I YANG MEMBUTUHKAN TENAGA:
1. Sekretariat Jenderal; 6. Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan;
2. Direktorat Jenderal Pajak;7. Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang;
3. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai;8. Inspektorat Jenderal;
4. Direktorat Jenderal Perbendaharaan;9. Badan Kebijakan Fiskal.
5. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara;
II. KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN NAMA JABATAN
NO.
TINGKAT PENDIDIKAN
KODE PROGRAM STUDI (KP)
PROGRAM STUDI (PS)
NAMA JABATAN
JUMLAH FORMASI
1
Sarjana
(S-I)
01
Akuntansi
Penata Laporan Keuangan / Analis Pajak
208
02
Manajemen (Keuangan)
Analis Pajak
92
2
Diploma Pelayaran* (D-III)03Pelayaran (Nautika)Mualim35
04Pelayaran (Teknika)Juru Motor25
3
Diploma Umum
(D-III)
05
Kimia/Analis Kimia/Analisis Kimia/Kimia Analisis/Kimia Analis
Analis Laboratorium
38
06
Farmasi/Analis Farmasi
Analis Laboratorium
22
07
Teknik Mineral/Teknik Pertambangan Mineral/Teknik Pengecoran Logam
Analis Laboratorium
10
4
SMK Pelayaran
08
SMK Pelayaran/SPM NautikaJuru Mudi II
91
09
SMK Pelayaran/SPM TeknikaJuru Minyak I / Juru Minyak II
63
5
SMK Umum
10
SMK Teknik Mesin (Teknik Permesinan)Kelasi Kapal
17
11
SMK Teknik Perkapalan (Kelistrikan Kapal)Kelasi Kapal
17
12
SMK Teknik Telekomunikasi (Teknik Transmisi Telekomunikasi)Kelasi Kapal
17
13
SMK Teknik Perkapalan (Konstruksi Kapal Kayu/Kapal Fiberglass/Kapal Baja)Kelasi Kapal
26
14
SMK Teknik KimiaAnalis Laboratorium
23
15
SMK Farmasi/Farmasi IndustriAnalis Laboratorium
16
Jumlah
700
Catatan:
* Memiliki sertifikat ANT-III untuk DIII Pelayaran (Nautika) dan ATT-III untuk DIII Pelayaran (Teknika).
III. PERSYARATAN PENDAFTARAN
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;
  3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
  5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri;
  6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  7. Pelamar merupakan lulusan:
  8. 7.1.Sarjana (untuk Kode KP 01 dan 02) dengan IPK Minimal 3,00 (tiga koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
    7.2. Diploma Pelayaran (untuk Kode KP 03 dan 04) dengan IPK minimal 2,50 (dua koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
    7.3.Diploma Umum (untuk Kode KP 05 sampai dengan 07) dengan IPK minimal 3,00 (tiga koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
    7.4. SMK Pelayaran (untuk Kode KP 08 dan 09) dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 6,50 (enam koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan);
    7.5.SMK Umum (untuk Kode KP 10 sampai dengan 15) dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan).
  9. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 1 Desember 2012:
  10. 8.1Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk kode KP 01 dan KP 02 (Sarjana S-1);
    8.2. Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun untuk kode KP 03 dan KP 04 (Diploma Pelayaran);
    8.3.Minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun untuk kode KP 05 s.d. KP 07 (Diploma Umum);
    8.4. Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk kode KP 08 dan KP 09 (SMK Pelayaran);
    8.5.Minimal 18 tahun dan maksimal 20 tahun untuk Kode KP 10 s.d. KP 15 (SMK Umum).
  11. Khusus Kode KP 03 wajib memiliki Sertifikat ANT-III dan Kode KP 04 wajib memiliki Sertifikat ATT-III;
  12. Khusus Kode KP 03 s.d. KP 15:
  13. 10.1Berjenis kelamin laki-laki;
    10.2. Memiliki tinggi badan minimal 160 cm;
    10.3.Tidak buta warna dan tidak cacat badan.
IV. TATA CARA PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui website http://rekrutmen.depkeu.go.id mulai tanggal 14 Juli 2012 sampai dengan tanggal 29 Juli 2012;
  2. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online dapat mengunduh (download) Formulir Pendaftaran Online, Daftar Riwayat Hidup Singkat, Surat Pernyataan, dan Tanda Bukti Pendaftaran;
  3. Pelamar wajib:
  4. 3.1Mengisi Formulir Pendaftaran, menempel pas foto berwarna terbaru ukuran 3x4 cm pada Lembar Formulir Pendaftaran Online, menempel materai Rp6.000,00 dan menandatanganinya;
    3.2.Mengisi dan menandatangani Daftar Riwayat Hidup Singkat;
    3.3. Menempel materai Rp6.000,00 dan menandatangani Surat Pernyataan;
  5. Berkas lamaran berisikan dengan urutan dari atas sebagai berikut:
  6. 4.1.Fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku;
    4.2. Pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir), dengan ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar;
    4.3.Surat lamaran ditulis dengan tangan sendiri dan ditujukan kepada Menteri Keuangan Republik Indonesia dengan alamat PO BOX 1001 Jakarta 10000;
    4.4. Daftar Riwayat Hidup Singkat yang telah diunduh dan ditandatangani;
    4.5.Fotokopi Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar/Surat Tanda Kelulusan dan transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang (Ijazah Sementara dan Surat Keterangan Lulus tidak berlaku). Bagi pelamar lulusan luar negeri wajib menyertakan Fotokopi Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang;
    4.6. Surat Keterangan Dokter (asli) terbaru yang menyatakan sehat (selama tiga bulan terakhir);
    4.7.Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK (asli) yang masih berlaku;
    4.8. Surat Pernyataan yang telah diunduh kemudian ditempel materai Rp6.000,00 dan ditandatangani;
    4.9. Bagi pelamar dengan Kode KP 03 melampirkan fotokopi sertifikat ANT III yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang;
    4.10.Bagi pelamar dengan Kode KP 04 melampirkan fotokopi sertifikat ATT III yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang.
  7. Pelamar wajib mengirimkan Berkas Lamaran dengan stopmap berwarna:
  8. a.Merah muda untuk Kode KP 01 dan 02;
    b.Biru untuk Kode KP 03 dan 04;
    c.Hijau untuk Kode KP 05 s.d. 07;
    d.Kuning untuk Kode KP 08 dan 09;
    e.Merah untuk Kode KP 10 s.d 15.
    Lembar Formulir Pendaftaran Online ditempel di sampul stopmap tersebut.
  9. Stopmap yang berisi lamaran dimasukkan dalam amplop coklat ukuran folio dan dikirim melalui Kantor Pos kepada:
  10. Panitia Pusat Rekrutmen
    Pegawai Golongan II dan III di Lingkungan Kementerian Keuangan
    Tahun Anggaran 2012
    PO BOX 1001 Jakarta 10000
    Berkas lamaran paling lambat diterima Panitia Pusat tanggal 6 Agustus 2012 (Cap Pos). Berkas lamaran yang diterima panitia menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
V. SELEKSI DAN PELAKSANAAN UJIAN
  1. Seleksi melalui 4 (empat) tahap dengan sistem gugur yang meliputi:
  2. 1.1.Seleksi Administrasi;
    1.2.Tes Kemampuan Dasar (TKD);
    1.3.Psikotes Lanjutan;
    1.4.Tes Kesehatan dan Kebugaran serta wawancara (wawancara hanya untuk pelamar dengan Kode KP 01 dan 02).
  3. Lokasi ujian akan dilaksanakan pada kota:
  4. 2.1.Medan;
    2.2.Jakarta;
    2.3.Semarang;
    2.4.Surabaya;
    2.5.Makassar;
    2.6.Balikpapan;
    2.7.Jayapura.
  5. Pelamar dapat melihat pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tanggal 30 Agustus 2012 melalui portal Kementerian Keuangan www.depkeu.go.id atau http://rekrutmen.depkeu.go.id serta Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan di daerah;
  6. Informasi lebih lanjut mengenai Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ini dapat dilihat melalui portal Kementerian Keuangan www.depkeu.go.id atau http://rekrutmen.depkeu.go.id.
VI. LAIN – LAIN
Dalam proses pendaftaran Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2012 berlaku ketentuan sebagai berikut:
  1. Bagi mereka yang pernah mengajukan lamaran ke Kementerian Keuangan dan sampai pengumuman ini belum mendapat balasan, sepanjang memenuhi syarat dalam pengumuman ini, supaya mengajukan lamaran kembali sesuai prosedur yang berlaku (lamaran yang telah dikirim ke Kementerian Keuangan dianggap tidak berlaku);
  2. Dalam rangka Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ini tidak ada bimbingan tes atau persiapan pendahuluan, tidak diadakan surat menyurat dan tidak dipungut biaya apapun selama proses seleksi/tes;
  3. Setiap Pengumuman ditayangkan secara online pada portal Kementerian Keuangan www.depkeu.go.id atau http://rekrutmen.depkeu.go.id. Pelamar dapat melihat Pengumuman hasil setiap tahapan tes secara online pada portal Kementerian Keuangan www.depkeu.go.id atau http://rekrutmen.depkeu.go.id;
  4. Kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar. Apabila ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan dan dapat melaporkan melalui website www.wise.depkeu.go.id. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut;
  5. Keputusan Panitia dalam hal kelulusan pendaftar/pelamar pada setiap tahap tes bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
  6. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes, maupun setelah diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian Keuangan berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan, menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut, dan melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwajib, karena telah memberikan keterangan palsu.

Jakarta, 14 Juli 2012
Ketua
ttd         
Kiagus Ahmad Badaruddin
NIP 19570329 197801 1 001

Cara Menonaktifkan Crash Reports Di Ubuntu

Cara Menonaktifkan Crash Reports Di Ubuntu. Jenuh jika tiba-tiba anda sedang bekerja atau anda sedang enak-enaknya browsing lalu muncul Crash Reports di ubuntu anda? Nah kali ini saya ada sedikit trik untuk mengakalinya dengan Cara Menonaktifkan Crash Reportsnya. Mau tau caranya, langsung aja yuk :

  1. Buka terminal anda dan masuk dalam akses root.
  2. Jalankan perintah dibawah ini  :

    sudo sed -i "s/enabled=1/enabled=0/g" '/etc/default/apport'
Nah selesai deh Cara Menonaktifkan Crash Reports Di Ubuntu. Semoga Bermanfaat yah. Terima Kasih.

roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE

Cara Mengubah Owner dan Group Suatu Direktori Beserta File-file di Dalamnya

Cara Mengubah Owner dan Group Suatu Direktori Beserta File-file di Dalamnya. Aduh puyeng nih ngotak-ngatik soal permission di linux, saya paling puyeng yang namanya manajemen user dan hak akses di linux apalagi menggunakan terminal. nah kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman mengenai Cara Mengubah Owner dan Group Suatu Direktori Beserta File-file di Dalamnya. Berikut caranya :
  1. Masuk ke terminal lalu login root.
  2. Selanjutnya tuliskan perintah berikut ini :

    chown -R namaowner:namagroup namadirektori

    Misalnya folder /var/www berserta isinya ingin kita rubah ownernya menjadi roy dan groupnya admin.

    chown -R roy:admin /var/www/
  3. ntuk memastikannya coba lihat dengan perintah berikut :

    ls -lh /var/www/
Selesai deh  Cara Mengubah Owner dan Group Suatu Direktori Beserta File-file di Dalamnya. Moga bermanfaat yah.

roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE

Cara Menambahkan User Ke Dalam Group Admin Di Ubuntu

Cara Menambahkan User Ke Dalam Group Admin Di Ubuntu. Terkadang di sebuah sistem operasi terdapat banyak user yang berkecimbung didalamnya. Nah untuk itu terkadang kita memerlukan beberapa user admin untuk mengelola sistem operasi tersebut. Nah langsung aja yuk begini Cara Menambahkan User Ke Dalam Group Admin Di Ubuntu :
  1. Buka terminal > lalu login ke dalam root.
  2. Misalnya kita mempunyai user dengan nama user "roy". Untuk menambahkan User "roy" agar setara dengan admin tuliskan perintah sebagai berikut  :
    sudo usermod -a -G admin roy
  3. Untuk membuktikan apakah user "roy" sudah masuk kedalam admin ketikkan perintah berikut :
    cat /etc/group 
    dan hasil exekusi perintah diatas tadi seperti dibawah ini  :

    landscape:x:108:
    netdev:x:109:
    suaiba:x:1000:
    lpadmin:x:110:sxxxx
    sambashare:x:111:sxxxx
    admin:x:112:sxxxx,roy
    roy:x:1001:
    perhatikan pada tulisan yang saya bold, group admin memiliki dua user : yaitu sxxxx dan roy.

    roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE